Mengenal HPL Sebagai Finishing Furniture Anda. Bag 1

Contoh bahan HPL 


Apa itu HPL? ya, ini adalah salah satu jenis bahan yang umum digunakan dalam finishing furnitue seperti kitchen set, Wardrobe, TV cabinet, Divider dan banyak lagi, Nah disini kami akan jelaskan apa itu HPL.

HPL itu apa? HPL merupakan singkatan dari High Pressure laminate yang terbuat dari terbuat dari 60-70% kertas dan 30-40% resin. Resin sendiri terdiri dari 2 macam: Untuk bagian kertas dasar menggunakan phenolic resin, dan untuk kertas dekor nya menggunakan melamine resin.

Seberapa kuatkah HPL? HPL bisa bertahan sampai 180° C tanpa kerusakan atau perubahan warna. Tapi, ini harus dipastikan karena kecelakaan dan bukan kesengajaan dimana suhu yang panas di lokasi yang sama terus menerus hampir memastikan perubahan warna menjadi menguning dan permukaan yang benjol. Di area dapur, perhatikan untuk tidak menaruh langsung wajan panas yang baru digunakan untuk memasak makanan langsung diatas permukaan HPL karena wajan tersebut suhunya bisa melebihi 250° C panasnya.

Bagaimana ketahanan HPL Terhadap api (Bereaksi terhadap api dan ketahanan terhadap api)? Reaksi terhadap api umumnya bermaksud tentang tes yang dilakukan terhadap HPL. Namun ketahanan terhadap api adalah tes yang dilakukan terhadap produk akhir yang menggunakan HPL seperti panel, lapisan bawah yang dilem dengan HPL, atau struktur lainnya. Contohnya adalah pintu, atau partisi di dalam gedung.

Berapa lama HPL bisa bertahan? Umur pemakaian HPL bisa jauh melewati umur manusia! Sebuah perabot yang dibuat menggunakan HPL tidak mudah rusak. Tentunya, semua tergantung dengan cara pemakaian produk tersebut, apalagi jika menyangkut sesuatu yang bersifat sebagai permukaan/pelapis. Ketahanan HPL adalah suatu karakteristik yang patut dibanggakan dan sangat menarik dari segi lingkungan. Perabot yang berumur panjang berarti limbah yang berkurang dan penghematan bahan baku.

Apakah HPL Hiegienis? Benar sekali, HPL mempunyai permukaan yang tidak bersahabat terhadap pertumbuhan bakteri dan ini menjadikan produk yang baik digunakan di area yang memerlukan tingkat hieginis tinggi seperti dapur atau rumah sakit.

lanjut kebagian dua klik disini yah...
Mengenal jenis-jenis material untuk pembuatan furniture
Mengenal Table Top Kitchen Se